Rabu, 05 Maret 2014

Bab 15 RISET PEMASARAN (E-COMMERS)

PDF Bab 15 Riset Pemasaran
Klik Disini

Ms.Word Bab 15 Riset Pemasaran
Klik Disini



Materi Organisasi dalam bab ini menekankan kerangka menyeluruh untuk memanfaatkan informasi pelanggan di internet marketing.

wwdd

Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah studi tentang kebutuhan pasar yang berbeda baik produk ataupun jasa, dan metode pengembangan pasar baru. Ini adalah proses yang sistematis dan objektif yang digunakan untuk mengumpulkan, mengatur, menyimpan, menganalisis, dan menyajikan informasi tentang pasar tertentu untuk mengidentifikasi iklan mendefinisikan peluang pemasaran dan masalah. Riset pemasaran menghubungkan pemasar dengan pelanggan mereka, dan masyarakat. Riset pemasaran membantu perusahaan untuk memahami dan memenuhi keinginan konsumen dan kebutuhan dengan memberikan informasi yang konstruktif mengenai kualitas dan kegunaan produk dan layanan mereka. Riset pemasaran menggunakan survei, tes, dan studi statistik untuk menganalisis tren konsumen dan perkiraan ukuran pasar. Terlepas dari tujuan, semua penelitian pemasaran memiliki tujuan memperoleh data yang memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik.




Menentukan masalah
Di sini, peluang dan masalah dievaluasi pada tingkat mikro, dalam konteks rencana riset pemasaran. Untuk mengevaluasi peluang bisnis yang potensial, seorang peneliti pemasaran harus hati-hati menyelidiki sumber kesempatan atau masalah hanya kemudian dapat penentuan tentang jenis yang tepat dari studi dilakukan.

Desain Riset. Penelitian langkah desain adalah seperti cetak biru dari sebuah rumah, itu adalah apa yang digunakan peneliti untuk membuat semua keputusan penting tentang studi ini. Pertama, peneliti harus menentukan jenis studi untuk melakukan. Tergantung pada langkah identifikasi masalah, peneliti membuat pilihan dari desain penelitian eksplorasi atau dari desain penelitian konklusif.

Penelitian eksplorasi adalah desain yang efektif ketika tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh kecerdasan dan ide-ide mengapa hal-hal tertentu yang terjadi misalnya, mengapa beberapa perusahaan internet gagal sementara yang lain berkembang. Penelitian eksplorasi menentukan desain penelitian terbaik, pemilihan mata pelajaran dan metodologi pengumpulan data, meskipun penggunaannya terbatas.

Penelitian konklusif digunakan untuk menjawab seberapa sering dan berapa banyak pertanyaan. Ini mengikuti proses desain penelitian formal dan menyediakan data yang dapat diandalkan untuk menarik kesimpulan atau membuat keputusan. Seringkali, hal ini bersifat kuantitatif. Penelitian konklusif memberikan gambaran yang dapat diandalkan populasi dengan menggunakan instrumen penelitian yang valid dan menguji hipotesis dalam penelitian formal.

Ada dua cartegories utama penelitian konklusif, deskriptif dan kausal. Dalam penelitian deskriptif, penelitian menentukan frekuensi dengan mana sesuatu terjadi atau bagaimana peristiwa terpisah terkait. Ini menyediakan informasi tentang populasi atau semesta yang diteliti (unsur-unsur dalam suatu kelompok tertentu tentang siapa data yang diperlukan) dengan menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana situasi. Pengamatan dan survei adalah dua jenis yang paling umum dari penelitian deskriptif. Jika peneliti perlu tahu apa yang menyebabkan perilaku tertentu, kejadian, atau motivasi, maka penelitian kausaladalah tepat karena akan menciptakan hubungan antara variabel dan berfokus pada menentukan hubungan sebab dan akibat. Penelitian kausal yang kompleks dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang peneliti tidak dapat selalu mengontrol, seperti sikap masyarakat.
Setelah menentukan jenis studi untuk melakukan, peneliti harus memutuskan apakah akan menggunakan penelitian sekunder, penelitian primer atau kombinasi keduanya. Informasi penelitian sekunder yang sebelumnya dikumpulkan dan diterbitkan adalah yang termudah, tercepat, dan paling pilihan mahal.

2 tipe dasar data penelitian : kuantitatif dan kualitatif
Penelitian kualitatif memberikan pemahaman tentang sikap pelanggan tentang produk atau jasa. Kelompok fokus, baik online dan online, yang digunakan lebih dari metode kualitatif lainnya untuk mendapatkan informasi penting tentang motivasi, persepsi, dan pikiran dari kelompok sasaran atau kelompok. Metode kualitatif lainnya termasuk wawancara mendalam, kelompok diskusi kecil (diad, triad, atau minigroups), penyadapan pelanggan, fungsi penyebaran kualitas, pengujian produk, dan riset pelanggan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif untuk menetapkan tolok ukur (ukuran pasar untuk memperkirakan potensi bisnis dan mengukur ukuran dan pentingnya segmen pasar), mendapatkan tanggapan statistik yang valid dari target audiens (populasi), dan mengukur hasil dari program.

Populasi Sampling. Karena tujuan melakukan penelitian pemasaran adalah untuk mengembangkan pemahaman tentang pasar atau segmen, sangat penting bahwa peneliti mengumpulkan informasi tentang kelompok tersebut. Sampel harus cukup besar untuk dapat mencerminkan karakteristik populasi target dan harus dipilih secara acak. Jika sampel tidak representatif dan acak, maka peneliti tidak dapat mempertimbangkan perkiraan yang berasal dari penelitian yang mewakili bagi populasi.

Penelitian apa yang terbaik ditampung oleh Internet?
Mengingat pertumbuhan yang besar dari Internet, baik dari segi pelanggan dan konten, peneliti mungkin akan tergoda untuk menggunakan penelitian berbasis Internet untuk semua tugas penelitian. Internet adalah sebuah alat yang memungkinkan terutama yang mempengaruhi langkah pengumpulan data dan merevolusi tahap pelaporan. Penggunaan internet sebagai alat pengumpulan data dan mekanisme pengiriman penelitian telah memungkinkan bagi peneliti untuk melakukan penelitian pemasaran yang lebih cepat.

Pertama, dan mungkin yang paling penting adalah pertanyaan dari perwakilan sample. Pertimbangan utama dalam menjawab pertanyaan ini adalah konsep pling sample disebut sampel bias seleksi (diperkenalkan ketika segmen tertentu dari populasi sasaran diabaikan dalam proses pengambilan sampel).
Kriteria kedua dalam mengevaluasi kegunaan internet untuk project adalah kerahasiaan. Sebagai aturan, jika ada bahan tersebut bersifat rahasia maka internet tidak dianjurkan karena peneliti tidak memiliki kontrol yang tepat atas distribusi materi. Metode penelitian yang lebih tepat untuk bahan rahasia adalah wawancara pribadi, di lokasi pusat.

Ketiga, dalam tahap desain studi pemasaran, seorang peneliti harus dipertimbangkan oleh kompleksitas proses wawancara  Internet adalah lebih cocok untuk jangka pendek, sederhana, jelas survei dan kuesioner. Jika proyek panggilan untuk ditanyai kompleks, wawancara offline akan menghasilkan kualitas yang lebih tinggi dari data.
Selain tiga kriteria tersebut, harus disebutkan bahwa Internet juga telah memungkinkan proyek penelitian pemasaran internasional. Secara historis, proyek-proyek ini telah sangat kompleks untuk mengelola dan mahal. Dengan Internet, bagaimanapun, peneliti dapat berkomunikasi dengan para pelaku pasar di seluruh dunia.

Pengumpulan data  
Setelah rencana penelitian telah dikembangkan, peneliti mulai dari data kolektif. Seorang peneliti dapat memilih dari sejumlah offline dan metode pengumpulan online.
Data-Collection Methods
Metode Penelitian Sekunder. Seperti disebutkan dalam bagian sebelumnya, bahan penelitian sekunder adalah informasi yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan telah dibuat tersedia untuk penggunaan umum. Sumber Yang paling terkenal dari data sekunder yang diterbitkan statistik, teks dipublikasikan, media (dokumenter), dan dokumen pribadi.
Ada tiga tempat umum untuk melakukan riset pemasaran Internet sekunder: Internet (biasanya dengan bantuan mesin pencari), newsgroup, dan direktori.

Search Engine.
Search engine sangat penting untuk semua jenis penelitian. Mereka menyediakan cepat dan menyeluruh pencarian di seluruh dunia pada banyak topik. Jika data yang ada, mesin pencari mungkin akan menemukannya.

Newsgroup, di sisi lain, biasanya mewakili diskusi tanpa filter tentang topik tertentu, dan dapat berfungsi baik sebagai sekunder dan alat penelitian utama. Untuk penelitian sekunder, newsgroup menyediakan sumber berharga data oleh sejumlah peserta. Untuk penelitian primer, peneliti dapat menggunakan newsgroup untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu.

Direktori. Internet juga menjadi tuan rumah untuk sejumlah besar direktori. Topik yang dibahas beragam, dan akses ke sebagian besar direktori ini adalah gratis.

Offline Primer Pemasaran Metode Penelitian. Sebelum munculnya Internet, penelitian utama adalah di pusat riset pemasaran. Meskipun jauh dari yang dihapus, metode offline secara perlahan digantikan, secara penuh atau sebagian, dengan alternatif online. Alasan utama untuk pergeseran ini adalah waktu dan uang. Penelitian tradisional mahal, dan perusahaan memilih untuk menggunakannya untuk hanya keputusan bisnis paling penting.

Focus Groups. Kelompok fokus merupakan jemaah umat (sering enam sampai sembilan) yang bertemu di lokasi yang telah ditentukan. Sesi kelompok dipimpin oleh monitor yang mengikuti script, sesi berlangsung sekitar satu atau dua jam, dan sering direkam atau direkam. Jenis kelompok ini sangat berguna untuk penelitian kualitatif menyebutkan statusnya, karena dapat digunakan untuk mengumpulkan ide-ide, umpan balik, dan evaluasi konstruktif produk, masalah, dan ide-ide promosi di masa depan. Untuk menjamin sampel yang representatif , harus ada minimal dua kelompok dijadwalkan per target pasar .

Survei. Survei yang populer untuk proyek-proyek penelitian kuantitatif untuk menjawab mengapa, bagaimana, dan siapa dari suatu masalah tertentu. Mereka adalah yang paling berguna ketika mencoba untuk membuktikan hipotesis, membuktikan teori, meminimalkan risiko, atau mendapatkan sampel yang dapat diandalkan untuk memproyeksikan tren.
Wawancara melalui telepon yang lebih murah daripada wawancara pribadi dan memiliki jangkauan geografis yang relatif baik. Namun, wawancara melalui telepon dapat menjadi masalah, sering, orang tidak bersedia untuk bekerja sama. Bahkan jika mereka melakukan persetujuan, waktu mereka terbatas, sehingga survei tidak bisa terlalu lama. Cara terbaik adalah untuk tidak menggunakan wawancara telepon untuk masalah kompleks yang memerlukan penjelasan yang luas.

Pengamatan. Penelitian observasi adalah proses sistematis merekam perilaku orang, benda, dan kejadian tanpa mempertanyakan atau berkomunikasi dengan mereka. Penelitian observasional membahas masalah yang melekat dalam kedua survei dan kelompok fokus: informasi yang bias. Ada dua kelompok dasar observasi (penelitian elevasi : naturalistik dan menonjol).

Seorang peneliti menggunakan pendekatan naturalistik mengamati subyek saat mereka berinteraksi dalam lingkungan alam mereka. Misalnya, duduk di bangku terdekat dan menonton anak-anak bermain di taman bermain adalah observasi naturalistik. Mengamati subjek diwawancarai melalui cermin satu-arah.

Observasi. Di sini, peneliti bergabung dengan kelompok observasi, dan setiap anggota tahu perannya. Contoh dari pengamatan menonjol adalah Divisi Kendaraan Bermotor perwakilan duduk di samping seorang peserta tes selama mengemudi tes di jalan.

Kuesioner Online.
 Kuesioner merupakan kumpulan pengguna internet (GUI). Tergantung pada tujuan peneliti dan preferensi, satu antarmuka mungkin bekerja lebih baik daripada yang lain. Tidak ada aturan yang tetap pada interface mana yang terbaik. Setelah peneliti telah mengidentifikasi jenis kuesioner online untuk digunakan, kuesioner harus diprogram menggunakan Java, HTML, atau bahasa pemrograman lain, dan kemudian diposting di sebuah situs internet yang aman.
Questionnaire Types
 jjdhhsgg 
Tentukan Masalah
Dalam database pemasaran , empat jenis umum dari tujuan yang ada : ( 1 ) mengidentifikasi prospek , ( 2 ) Prospek kualifikasi ( 3 ) memperoleh pelanggan melalui penjualan pelayanan yang baik atau, dan ( 4 ) mengelola hubungan dengan pelanggan .

Merencanakan program database marketing
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengembangkan :
  • Identifikasi data pelanggan terkait yang secara efektif dapat mendukung pengambilan keputusan
  •  Mengembangkan prosedur untuk memperoleh dan memasukkan data tersebut ke dalam database
  • Tentukan bagaimana data dan informasi akan diambil
  • Tentukan siapa yang akan memiliki akses ke database
Hal ini juga penting untuk berhati-hati merencanakan bagaimana dan kapan database akan digunakan, mengantisipasi peluang memperbarui, dan meningkatkan database .

Database perencenaan program pemasaran
I.            Tujuan Pemasaran
II.            Analisis pasar
  1. Analisis pelanggan dan segmentasi
  2. Kompetisi
  3. Lingkungan
III.            Penawaran dan fit pasar
IV.            Penilaian kinerja dengan program serupa
V.            Strategi komunikasi
  1. Target dan Positioning
  2. Proporsi penjualan Unik
  3. Media dan daftar keputusan
  4. Strategi penyampaian pesan
VI.            Persyaratan database
  1. Pengembangan
  2. Pemanfaatan
  3. Enhancement
  4. Anggaran program
  5. Timeline
IX.          Akuntabilitas

Variabel database marketing keputusan
Variabel keputusan utama dalam program database pemasaran adalah tawaran kreatif , media , waktu , dan layanan pelanggan. Tawaran ini terdiri dari pembelian produk dan positioning produk . Tawaran kreatif mencakup pertimbangan tata letak , desain, suara, tingkat interaktivitas, dan unsur-unsur personalisasi. Keputusan Media berkaitan dengan saluran untuk mendistribusikan tawaran , seperti e -mail , website, seperti telepon dan surat pos . Variabel waktu meliputi keputusan tentang kapan , dan seberapa sering, untuk memberikan tawaran.
Adapula variabel penting lainya yaitu customer service sebagai rujukan kepuasan pelanggan.Beberapa jenis layanan pelanggan termasuk ketersediaan agen layanan , informasi produk , kesempatan untuk mencoba atau menguji produk , menawarkan jaminan , dan aspek pemenuhan – terkait seperti pembayaran, pengiriman , dan pemantauan agar proses .

Kumpulkan Data
Data kolektif harus memungkinkan pemasar untuk lebih efisien melayani pelanggan melalui respon mereka sehingga memenuhi kriteria kinerja rinci dalam rencana pemasaran , seperti pendapatan atau keuntungan
Sumber daftar
Data Pelanggan Bisa berasal dari sumber baik internal maupun eksternal . Data internal yang dihasilkan akibat dari hubungan langsung dengan seseorang. Data eksternal seperti daftar respon terdiri dari individu atau organisasi yang memiliki kepentingan produk diidentifikasi. Data dapat dikumpulkan dari sumber-sumber publik seperti pendaftaran pemilih, catatan sensus atau dari sumber-sumber swasta seperti undian ,klub kesehatan, dan majalah.
Daftar processing
Daftar pengolahan adalah seperangkat prosedur untuk menyiapkan daftar untuk distribusi. Komponen utama dari list processing adalah nixie eliminasi , eliminasi duplikat , dan daftar penindasan. Penawaran harus disampaikan kepada individu yang memenuhi syarat dan cenderung memberikan respon yang akan memuaskan kriteria obyektif dari program database pemasaran .
Pribadi
Privasi yang sangat penting untuk diperhatikan , mengingat bahwa ( 1 ) memperoleh informasi tentang pelanggan adalah inti dari database pemasaran, dan ( 2 ) tidak menghormati privasi konsumen adalah trustbuster utama yang bisa secara signifikan mengurangi kemungkinan bahwa konsumen akan merespon positif tawaran Program .
Mengatur Data
Hal ini penting untuk mengidentifikasi data pelanggan terkait yang secara efektif dapat mendukung pengambilan keputusan, mengembangkan prosedur untuk memperoleh dan memasukkan data tersebut ke dalam database, menentukan bagaimana data dan informasi akan diambil , dan menentukan siapa yang akan memiliki akses ke database . Dasar dari database pemasaran adalah pembentukan dan memperbarui database untuk tujuan mendukung pengambilan keputusan manajerial , terutama yang berhubungan dengan database akuisisi pelanggan dan retensi.
Membangun database
Isi dari vektor pelanggan harus terdiri dari informasi yang mungkin berguna dalam mendukung keputusan pemasaran sehubungan dengan memperoleh atau mempertahankan bahwa pelanggan/ mungkin pelanggan lain yang terkait dalam beberapa cara yang berarti. Idealnya data akan : ( 1 ) mendeskripsikan konsumen sepanjang karakteristik (2 ) laporan tentang riwayat transaksi mereka (3 ) menginformasikan pada rincian interaksi pelanggan perusahaan pada titik kontak ( 4 ) mempertahankan respon konsumen terhadap penawaran database pemasaran.
Memperbarui database
Dalam memperbarui database menarik untuk mempertimbangkan upaya yang diperlukan dalam memperoleh data tersebut . Winer membahas kerangka 2×2 yang melibatkan analisis sepanjang dimensi interaksi pelanggan, ( langsung dan tidak langsung ) dan frekuensi interaksi ( sering dan jarang ). Titik utama dari kerangka ini bahwa, perusahaan yang tidak memiliki interaksi langsung dengan pelanggan sering , ia akan harus bekerja lebih keras dalam membangun database-nya .
Analisis Data
Fokus utama dari analisis dalam pemasaran database memperkirakan respon konsumen terhadap penawaran dan keuntungan yang diharapkan dari alternatif program database pemasaran.
Daftar segmentasi
Daftar segmentasi digunakan untuk menghubungkan individu dengan berbagai jenis tanggapan mungkin, seperti yang menguntungkan (beli ) dan tidak menguntungkan ( tidak membeli ). Tujuan utama dari daftar segmentasi adalah untuk mengidentifikasi orang-orang kepada siapa tawaran , ketika dibuat , akan menghasilkan keuntungan, dan untuk menghemat sumber daya dengan tidak menghubungi orang-orang yang tidak mungkin untuk menghasilkan transaksi yang menguntungkan atau hubungan .
Teknik segmentasi
Teknik segmentasi yang digunakan untuk mengembangkan nilai – respon yang terkait untuk setiap orang , dan untuk mengkategorikan individu ke dalam segmen. Teknik yang digunakan yaitu Regresi berganda, diskriminan, regresi logistik, analisis cluster, Otomatis lnteraction Detection ( AID ), Chi Square Automatic lnteraction Detection ( CHAID ), Neural Network.

Pengukuran
Konsep yang berfungsi sebagai dasar untuk berbagai pendekatan pengukuran nilai pelanggan seumur hidup ( CLV ). Sebuah nilai seumur hidup pelanggan adalah total nilai suatu perusahaan diharapkan net present keuntungan dari semua interaksi langsung dan pertukaran dengan pelanggan itu.
Pengujian potensi program data base pemasaran
Pengujian dapat berhubungan baik dengan variabel keputusan program kunci atau tipe orang untuk menargetkan . Uji hipotesis lazim dilakukan dalam proses ini.
Memanfaatkan Data
Manfaat utama dari database pemasaran adalah bahwa bidang fungsional lainnya , seperti penjualan , keuangan , dan manufaktur , bisa memanfaatkan informasi database yang sama untuk membantu pengambilan keputusan mereka sendiri .

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Para ahli melaporkan, bahwa menempatkan peningkatan penekanan pada retensi pelanggan secara signifikan dapat berdampak efisiensi pemasaran dan profitabilitas. Manajemen hubungan pelanggan adalah tentang menghasilkan loyalitas pelanggan yang akan menjadi  dan menguntungkan
Tentukan Masalah
Manajemen hubungan pelanggan yang bersangkutan dengan tiga arahan utama . Pertama ,organisasi harus belajar tentang pelanggan mereka pada tingkat individu , dan menghormati perbedaan-perbedaan mereka . Kedua, organisasi perlu merumuskan strategi untuk mempertahankan hubungan dengan potensi pelanggan yang menguntungkan . Ketiga, taktik untuk memajukan hubungan dengan pelanggan dengan menciptakan nilai lebih bagi mereka perlu dirancang dan dimasukkan ke dalam tindakan.
Mengumpulkan Data
Touchpoints adalah media , kendaraan dan / atau lokasi di mana organisasi dan pelanggan berinteraksi . Touchpoints relevan untuk internet marketing mencakup semua offline maupun online, seperti toko, kios , website , e -mail , chatting , telepon , secara online forum, acara offline nasional seperti Konferensi eBay Community Live dan loyalitas atau reward program seperti Mobil Speedpass .
Firm initiated E-Mail
Ada empat kegunaan utama e -mail untuk memulai kontak dengan pelanggan : pengumuman , penawaran khusus , undangan , dan newsletter. Prinsip-prinsip umum untuk pemasaran e -mail yang efektif berkaitan dengan penerima, komponen e -mail , dan respon . Dewan Media telah mengembangkan enam resolusi untuk bertanggung jawab e – mail :
  1. Pengirim tidak memalsukan nama domain atau menggunakan alamat IP nonresponsive tanpa tersirat izin dari penerima .
  2. Senders tidak harus memalsukan baris subjek e -mail menyimpang dan menyesatkan penerima dari isi pesan .
  3. Pesan e -mail harus mencakup pilihan untuk berhenti berlangganan dari menerima e – mail di masa depan, atau informasi kontak yang valid dan responsif dari pengirim , daftar manajer , atau pemilik daftar .
  4. Pemasar harus menginformasikan penerima tujuan pemasaran untuk menggunakan alamat e -mail mereka .
  5. Alamat e -mail tidak boleh dipanen dengan maksud untuk mengirim massal yang tidak diminta e -mail komersial tanpa sepengetahuan konsumen atau persetujuan .
  6. Mengirim massal yang tidak diminta e -mail komersial ke alamat e – mail tanpa usaha sebelumnya atau hubungan pribadi yang pantas.

Customer-initiated E-Mail
Ada tiga cara utama di mana organisasi cenderung untuk merespon e – mail: melalui otomatisasi software , melalui orang , atau melalui kombinasi perangkat lunak otomasi dan orang-orang . Sistem otomatisasi E -mail membantu dengan menerima dan mengirim e – mail, termasuk format dan mendistribusikannya . Ketika volume e-mail tinggi , jenis sistem dapat memberikan nilai yang besar .
Peluang di komunitas online
Komunitas online adalah tempat yang cocok bagi konsumen untuk mendapatkan informasi yang jujur ​​dan membantu yang disesuaikan untuk kebutuhan khusus mereka .
Mengatur Data
Organisasi data mengacu pada proses pengelompokan catatan bahwa database adalah ulasan pelanggan untuk analisis dan pemanfaatan . Menjadi umum bagi perusahaan untuk mengatur sekitar dimensi perusahaan – sentris , dan maka data kondisi berdasarkan elemen customer-centric
Analisis Data
Analisis CRM berkisar pada negara dan nilai hubungan. Penekanan ditempatkan pada langkah-langkah seperti kepuasan , loyalitas , pangsa pelanggan, dan nilai seumur hidup pelanggan, di samping langkah-langkah umum kinerja pemasaran seperti pendapatan, laba , dan pangsa pasar .
Memanfaatkan Data
Secara umum, organisasi yang menggunakan CRM sedang berusaha untuk menggunakan filosofi pemasaran yang dimulai dan diakhiri dengan membangun dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan. Pelaksanaan yang efektif dari CRM membutuhkan orang-orang yang memahami proses menjadi customer-centric dan dapat secara efektif mengelola hubungan dengan pelanggan. Namun demikian, teknologi telah membuat kontribusi besar dalam CRM, setidaknya dengan meningkatkan kesadaran.
Sistem CRM telah dirancang oleh penyedia (seperti Siebel, SAP, Epiphany, dan Chordiant) untuk mendukung otomatisasi pemasaran, otomatisasi tenaga penjualan, layanan pelanggan, interaksi pelanggan, dan kustomisasi.

CONTOH EBAY
Bagaimana eBay, menjadi salah satu repositori terbesar dari data pelanggan , menanggapi harta karun informasi ? eBay telah merespon dalam beberapa cara . Salah satunya adalah melalui penciptaan lengan riset pemasaran yang disebut Wawasan Konsumen dan Analisis Group. Dengan meneliti data pelanggan , eBay dapat menentukan siapa pelanggan yang paling berharga adalah dan memfokuskan energi pada memenuhi kebutuhan mereka . Untuk mencapai hal ini , eBay diukur banyak data dan melakukan analisis rinci .
Wakil presiden pemasaran e Bay, Michael Deering, menekankan pentingnya data . Sebagai contoh, ia telah mencoba untuk memahami perilaku pelanggan dengan melacak bagaimana calon pembeli menanggapi promosi di situs. Pada pertengahan tahun 200l , pemasar eBay memperoleh kemampuan  untuk melihat data mereka dalam user-friendly, dengan informasi yang ditangkap dalam pie chart , grafik , dan tabel. Setelah data mereka dalam format baru ini selama empat bulan pemasar eBay mampu untuk lebih meningkatkan efisiensi halaman depan eBay .
Popularitas situs lelang online , eBay khususnya , telah menciptakan kebutuhan untuk alat-alat penelitian yang dapat digunakan untuk informasi, strategi, alat ini dapat digunakan untuk membuat keputusan lelang dan untuk mendukung kegiatan pasca lelang seperti pemenang pemberitahuan dan pengolahan faktur .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar